Selasa, 03 Februari 2009

Miss Bellina yang Cantik

Ini bukan judul salah satu film Meriam Bellina.

Tapi dia memang cantik...sesuai dengan namanya, dalam bahasa Italia "bellina" atau "bella" berarti "cantik" (jadi inget film "La Vita e Bella). Dalam bahasa Latin, "bellus" artinya juga "cantik", atau "indah"

Yang disebutkan di sini adalah anggrek bulan (genus Phalaenopsis) yang tersebar luas di Kalimantan. Nama latinnya Phalaenopsis bellina atau sering disebut juga sebagai "anggrek kelip".

Bunganya berwarna ungu lembayung yang cerah pada bagian tengah dan pangkal bawah, sedangkan bagian lainnya berwarna putih semburat hijau muda. Dia juga mengeluarkan wangi yang lembut terutama pagi hari.



Anggrek phalaenopsis suka tumbuh di tempat yang teduh dan agak lembab. Saya menanamnya di batang pakis yang dilapisi lumut hutan. Cahaya yang diperlukan cuma sekitar 25-30% saja. Bisa hidup di dataran rendah sampai dataran tinggi, tapi di dataran rendah ukuran bunganya lebih kecil.



Di tempat yang sesuai, anggrek kelip berbunga terus-menerus sepanjang tahun. Sekali berbunga, dia akan tahan selama 2 minggu. Yang perlu diperhatikan, air siraman tidak boleh terlalu banyak, apalagi sampai menggenang dalam waktu lama, karena akan membusukkan tanaman. Saya menempatkannya di bawah atap, supaya jangan sampai terguyur air hujan.

Kalau diperhatikan, di bagian tengah bunga ada bentuk seperti wajah manusia, tapii kesan saya lebih mirip muka monster yang mengerikan.

Bagaimana kesan anda?



0 komentar: