Selasa, 03 Februari 2009

Dendrobium canaliculatum, Anggrek Daun Beralur

Anggrek ini ada wanginya sedikit, tumbuh alami di Australia dan Papua sebagai anggrek epifit yang biasa tumbuh di batang pohon melaleuca (kayu putih), mulai dari ketinggian permukaan laut sampai sekitar 850 m dpl.

Anggrek ini batangnya berbentuk silinder, berukuran pendek, berpelepah dengan 2-6 daun berbentuk silinder yang berdaging, meruncing dan beralur di bagian ujung.

Panjang tangkai perbungaan antara 10-40 cm dengan bunga yang kecil bergerombol, sepal dan petalnya berwarna putih kekuningan, atau putih kehijauan, labellum putih bercampur ungu.



Dendrobium dari seksi spatulata ini suka dengan sinar terang, kelembaban tinggi dan penyiraman teratur, tapi menjelang musim berbunga kurangi penyiraman karena di habitat asalnya D. canaliculatum akan berbunga pada pertengahan musim dingin sampai pertengahan musim semi pada kondisi kering.

Nama-nama umum untuk anggrek ini adalah Grooved Leaf Dendrobium (Dendrobium Daun Beralur), The Onion Orchid (Anggrek Bawang) dan Tea Tree Orchid (Anggrek Pohon Teh). Canaliculata sendiri dalam bahasa Latin artinya "beralur".


0 komentar: